Pemandian Air Panas Bayanan Sragen

Kolam Air Panas Bayanan Sragen
Secara Geografis, Pemandian Air Panas Bayanan terletak 17 Km di sebelah tenggara ibukota Kabupaten Sragen. Jarak tersebut bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum. Dari Pusat Kota Sragen dapat ditempuh dengan Angkude (Angkutan Pedesaan) jurusan Bayanan Sambirejo dengan rute : Sragen-Ngarum-Blimbing-Bayanan PP.

Kondisi prasarana jalan ke ODTW Pemandian Air Panas Bayanan cukup baik berupa jalan aspal selebar 4 meter. Lokasi obyek wisata ini dapat dicapai melalui enam jalur berbeda. Jalur-jalur tersebut adalah sebagai berikut :

Jalur 1 : Sragen – Ngarum – Sambirejo – Sambi – Bayanan

Jalur 2 : Banaran (Sambungmacan) – Gondang – Sambi – Bayanan

Jalur 3 : Masaran – Jambangan – Batujamus – Kerjo – Sambirejo – Sambi – Bayanan

Jalur 4 : Karanganyar – Mojogedang – Batujamus – Kerjo – Sambirejo – Sambi – Bayanan

Jalur 5 : Magetan – Jogorogo – Ngrambe – Sine – Winong – Sambi – Bayanan

Jalur 6 : Karangpandan – Nagrgoyoso – Jenawi – Sambirejo – Sambi – Bayanan

Sekilas Tentang Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan salah satu daerah tujuan wisata minat khusus yang dimiliki oleh Kabupaten Sragen, dalam hal ini adalah untuk wisata kesehatan (helath tourism) yang dipadukan dengan daya tarik wisata alam dan olahraga.

Konon, menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, air panas Bayanan dianggap memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, seperti : rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Sehingga oleh orang terdahulu sumber air panas itu dinamakan “Hyang Tirto Nirmolo” (Air untuk Pengobatan).

Ternyata kebenarannya terbukti sehingga banyak pengunjung berdatangan untuk membuktikan khasiatnya. Selain bisa menyembuhkan berbagai penyakit di atas, air panas tersebut dipercaya juga bisa menurukan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot dan menghilangkan capek-capek, apabila dilakukan secara rutin.

Selain sebagai wisata kesehatan karena khasiat yang dimiliki oleh air panas ini dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Pemandian Air Panas Bayanan juga memiliki daya tarik wisata alam (ekowisata). Suasana alam pedesaan yang masih alami dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan. Para wisatawan bisa melakukan kegiatan treking maupun camping di hutan karet yang berada tidak jauh dari lokasi pemandian air panas tersebut dan di kawasan bukit yang mengitari PAP Bayanan.

Pada saat-saat tertentu, misalnya menjelang Bulan Puasa Ramadhan dan Lebaran, di obyek wisata ini sering diselenggarakan atraksi wisata berupa kegiatan seni dan budaya, misalnya Seni Campursari dan Dangdut.

Kantor Pariwisata, Investasi dan Promosi Kabupaten Sragen untuk waktu yang akan datang juga akan menambah fasilitas baru yakni Otbound, Flying Fox dan Arena Motor Tracking. Sehingga banyak pilihan bagi para wisatawan dalam menikmati keindahan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar